Ini Dia Perbedaan Cincin Emas Asli Dan Palsu

Cincin Emas Bandung Info – Memperbedakan emas asli serta palsu tidak dapat dilaksanakan tiap orang. Umumnya, emas akan digigit. Emas murni mempunyai karakter cukup lembek. Hingga, jika digigit akan tinggalkan sisa. Karena itu kamu seringkali lihat mengapa olahragawan yang mendapatkan medali emas seringkali menggigitnya saat naik tribune.

Langkah memperbedakan emas yang satu itu dapat dilaksanakan. Tetapi, benar-benar tertinggal sekali serta bisa mengakibatkan kerusakan fisik emas. Tidak itu saja, menggigit emas dapat mengakibatkan kerusakan kesehatan gigi. Kamu saat ini tidak perlu lagi menggigitnya untuk menunjukkan asli atau palsu. Banyak tehnologi yang bisa tahu keasliannya.

Tetapi sebelum kesana, kamu harus tahu dahulu tentang si logam mulia itu saat ingin membelinya. Janganlah sampai terkena tipu. Memang tidak 100 % tepat, tetapi benar-benar dekati. Untuk hindari penipuan, ada cara-cara yang dapat kamu kerjakan untuk mengenal emas palsu ataulah bukan. Berikut beberapa cara itu yang Kamini kumpulkan dari beberapa sumber.

9 Langkah Tahu Emas Asli atau Palsu

1. Ciri Emas Murni

Emas asli ialah murni tanpa ada kombinasi. 100 % memiliki kandungan emas. Jika kamu sempat menggenggamnya, logam mulia murni ini sedikit lembek daripada batu-batu yang lain. Nah, saat dibikin perhiasan, kamu tidak pernah temukan yang betul-betul murni. Hal tersebut karena bisa kurangi durabilitasnya.

Beberapa pengrajin seringkali mencampurkannya dengan perak, timah, atau perunggu. Sesudah digabung, pasti kandungan emas menyusut. Misalnya cuma jadi 70 %, 80 %, 90 %, serta yang lain. Unit kandungan ini umumnya disebutkan karat. Emas murni sama atau sama dengan 24 karat.

2. Fineness serta Karat

Cukup banyak yang berinvestasi pada emas yang sudah jadikan perhiasan. Umumnya orang-tua yang lakukan ini. Kamu coba perhatikan permukaan sisi dalam perhiasan itu. Umumnya ada sinyal angka, seperti 999.9 atau berbentuk tulisan 10K, 14K, 18K, 22K, atau 24K.

Namun, beberapa pengrajin membuat benar-benar kecil supaya tidak mengganggu pemakainya saat dikenai. Akhirnya, kamu juga perlu kaca pembesar. Sesudah kelihatan, kamu harus tahu dong apa arti tulisan itu. Berikut sedikit penuturannya tentang karat emas.

Emas 24 karat, muatan emas murninya sampai 99 sampai 99, 99 %.
Emas 23 karat mempunyai muatan dengan nilai 94, 80 sampai 94, 79 %.
Emas 22 karat, yang mengandung nilai sebesar 90, 60 sampai 94, 79 %.
Emas 21 karat yang mempunyai muatan kemurnian sebesar 86, 50 sampai 90, 59 %.
Emas 20 karat, dengan nilai kemurnian emas 82, 30 sampai 86, 49 %.
Emas 19 karat, yang mempunyai muatan emas murni sebesar 78, 20 sampai 82, 29 %.
Paling akhir, emas 18 karat, yang cuma mempunyai muatan emas murni sebesar 75, 40 sampai 78, 19 %.

3. Warna Beralih Waktu Digosok

Langkah ini umumnya cuma dapat dipakai saat kamu beli emas batangan. Coba untuk menggosok emas pada beberapa bagian khusus dengan jari. Kemudian lihat dalam tempat gosokannya. Jika sisanya terlihat beralih warna, dapat dinyatakan itu ialah emas palsu.

4. Magnet

Emas bukan logam magnetik. Saat kamu mendekatkannya dengan magnet, tidak pernah melekat. Sebesar apa saja kemampuan magnet itu. Nah, saat ada emas yang melekat pada magnet, dapat dinyatakan itu palsu.

Namun langkah ini cukup beresiko. Emas yang tidak melekat pada magnet belum pasti dapat juga disebut asli. Karena, beberapa ada yang nakal mencampurkan emas dengan logam non magnet yang lain. Karena itu, harus ada cek selanjutnya lagi.

5. Menggoreskan di Keramik atau Kertas

Langkah lain yang dapat kamu kerjakan dengan menggoreskannya pada keramik, seperti piring. Kecuali pada keramik, juga bisa pada kertas. Sesudah menggosokkannya, coba kamu lihat pada permukaan keramik atau kertas.

Jika ada sisa warna hitam atau yang lain, dapat dinyatakan itu ialah emas palsu. Logam mulia itu tidak tinggalkan sisa guratan.

6. Ukur Kepadatan Emas

Ini ialah langkah yang cukup susah untuk tahu keaslian emas. Tapi, keakuratannya benar-benar dekati. Untuk cobanya, kamu sediakan wadah yang mempunyai ukuran milliliter. Selanjutnya isikan dengan air. Sebelum masukkan emas, janganlah lupa untuk mencatat berapakah milliliter air itu.

Kemudian, celupkan emas dengan digantung benang. Tulis kembali lagi beda permukaan air. Di sini, kamu harus hitung rumus kepadatan = massa/volume. Emas mempunyai kepadatan yang cukup unik dibanding logam yang lain. Jika hasilnya dekati angka 19 g/ml, itu berarti emas asli.

7. Tes Asam

Tahu keaslian emas setelah itu dapat kamu cari info dengan memakai cairan namanya Nitric Acid. Prosedurnya, kamu harus mempersiapkan wadah stainless steel. Taruh emas di atasnya. Lalu, teteskan satu tetes asam Nitric Acid pada emas. Nantikan reaksinya.

Emas asli tidak bereaksi. Sedang bila emas itu memperlihatkan perkembangan warna seperti kehijauan, bermakna memiliki kandungan logam besi. Sesaat bila memperlihatkan warna susu, emas memiliki kandungan bahan perak. Jika bereaksi memunculkan warna emas, kemungkinan emas digabung logam kuningan.

8. Menimbang Berat

Emas mempunyai berat yang lain dengan logam yang lain. Kamu dapat merasai bedanya. Waktu merasai berat dengan tangan kosong serta berasa mudah, dapat dinyatakan emas itu palsu atau kombinasi.

Tetapi, untuk memakai langkah ini, kamu harus dibarengi seorang professional yang sudah ingat dengan berat emas.

9. Surat Sah Antam (Bermacam Tambang)

Hal termudah untuk tahu keaslian dengan mempunyai surat sah dari PT ANTAM atau Bermacam Tambang. Saat kamu beli emas murni atau batangan, PT ANTAM akan memberi surat dokumen tentang emas itu.

Leave a comment